8 Manfaat Alami Daun Peterseli Yang Perlu Diketahui

Manfaat Daun piterseli

Kebanyakkan orang khususnya yang tidak menyukai sayuran, kerap sekali menyangka peterseli hanya sebuah tanaman yang dapat dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan makanan-makanan utama. Sebenarnya, peterseli menawarkan segudang khasiat untuk kesehatan tubuh.

8 Manfaat Daun Piterseli

Apabila Anda belum pernah konsumsi peterseli, tidak ada salahnya Anda segera mencobanya supaya memperoleh manfaatnya. Sejumlah khasiat peterseli yang dapat ditemukan dalam kebutuhan tubuh, yaitu :

  1. Antioksidan Tinggi

Peterseli mengandung antioksidan tinggi yang diperluka tubuh. Luteolin dan flavonoid merupakan antioksidan yang terdapat di dalam peterseli yang bisa menghindari radikal bebas. Bukan itu saja, luteolin pun berkhasiat dalam menambah metabolisme tubuh.

  1. Bersifat Anti-peradangan

Peterseli pun memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi menjadi anti-peradangan. vitamin C sangat bermanfaat dalam menghindari gangguan pada tulang seperti osteoarthritis dan nyeri sendi.

  1. Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Bukan hanya vitamin C, peterseli pun memiliki kandungan vitamin A. Kedua jenis vitamin ini merupakan antioksidan yang sangat berfungsi untuk melindungi daya tahan tubuh. Selain menjadi anti-peradangan, vitamin C dinilai bisa membentuk kolagen yang mendukung untuk menjaga kulit supaya selalu sehat dan menjaga jaringan saluran otot. Kondisi ini dapat menjadikan tubuh Anda lebih tahan dari serangan penyakit.

  1. Tulang Menjadi Lebih Kuat

Peterseli pun kaya akan kandungan vitamin K yang berfungsi penting dalam sintesis protein (osteocalcin), yang bisa menambah kepadatan tulang. Dan mengkonsumsi peterseli, maka gigi dan tulang Anda menjadi lebih kuat.

  1. Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Peterseli mengandung vitamin B9 atau folat yang bisa menghindari homosistein. Homosistein dapat merusak kinerja pembuluh darah dan menimbulkan terjadinya penyakit kardiovaskular. Kandungan folat yang terdapat di dalam peterseli bisa mengantikan homesistein sebagai melekul kecil, sehingga menjaga tubuh dari resiko serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

  1. Membantu Menghindari Penyakit Kanker

Di dalam peterseli memiliki kandungan senyawa organik yaitu miristisin dianggap bisa membantu menghindari pertumbuhan tumor kanker pada tubuh. kandungan ini bisa membangkitkan enzim dan juga mendukung menawarkan senyawa tertentu yang mengancam, yang bisa menimbulkan kanker prostat dan usus besar.

Baca juga Manfaat Buah Raspberry Untuk Kesehatan

  1. Sangat Bermanfaat Bagi Perempuan

Peterseli bisa menambah sekresi estrogen pada tubuh wanita. Sayuran ini sangat mendukung mengembalikan dan menjaga darah di dalam rahim. Sangat efektif dikonsumsi perempuan saat terlambat PMS, haid, atau lansia (menopause).

  1. Menyembuhkan Anemia atau Kurang Darah

Peterseli bisa menyembuhkan penyakit kurang darah atau anemia. Kondisi ini disebabkan dari fungsi zat besi tinggi di dalam peterseli. Bukan itu saja peterseli yang mengandung vitamin C tinggi dapat mendukung menghisap zat besi di dalam tubuh dalam mempercepat produksi sle darah merah di dalam tubuh menjadi lancar.

Demikianlah penjelasan mengenai khasiat peterseli untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mencoba mengkonsumsi sayuran ini dengan teratur agar mendapatkan seluruh khasiatnya secara maksimal.

Sumber : www.mayoclinic.com